Mengenal 4 Fungsi Facebook Pixel untuk Website

Saat ini hampir semua media sosial memiliki fitur Ads yang bisa membantu penggunanya untuk memanfaatkan fitur periklanan yang ada. Facebook sendiri bahkan juga memiliki fitur ini. Selain Facebook Ads yang sudah banyak sekali dikenal banyak orang. Ada juga fitur periklanan Facebook lain yang bisa Anda manfaatkan yaitu Facebook Pixel.

Facebook Pixel ini bisa Anda gunakan untuk memeriksa jumlah traffic atau interaksi yang ada pada website Anda. Pada artikel kali ini, Anda akan mengetahui Fungsi Facebook Pixel untuk Website. Fitur tambahan dari Facebook Ads ini sudah resmi dirilis sejak tahun 2015.

Baca juga : Cara beriklan di facebook ads

Yang pasti, kedua fitur ini antara Facebook Ads dan Facebook Pixel memiliki perbedaannya masing-masing meski keduanya juga sama-sama berfungsi untuk mengecek efektivitas iklan yang ada. Namun, fungsi Facebook Pixel sendiri lebih condong sebagai plugin yang ada untuk website bisnis. Berikut ini adalah 4 fungsi Facebook Pixel untuk website yang bisa Anda pahami.

Melakukan Optimalisasi Nilai pada Facebook Ads

Fungsi Facebook Pixel untuk website yang pertama adalah ia mampu mengoptimalisasi nilai yang ada pada Facebook Ads. Bagaimana maksudnya? Yang dimaksud di sini ialah selain Anda mengandalkan kemampuan dari Facebook Ads untuk mempromosikan produk Anda, Anda juga perlu menggunakan website agar hasil pemasaran Anda bisa berjalan secara maksimal. Pemasaran menggunakan website dengan bantuan pemantau dari Facebook Pixel akan menjadikan usaha pemasaran berkembang pesat.

Anda bisa melakukannya dengan membuat beberapa artikel pemasaran pada website yang berkaitan erat dengan pengunjung yang biasa berkunjung ke website Anda. Setelah membuat dan mempublikasikan beberapa artikel tersebut pada website, selanjutnya Anda bisa menggunakan Facebook Pixel untuk melihat kemajuan yang ada pada website Anda. Nantinya, Anda akan merasakan fungsi Facebook Pixel untuk website yang sesungguhnya.

Baca juga : hosting murah untuk skala bisnis di https://www.domainesia.com/hosting

Ada hal lain yang perlu diingat saat melakukan pemasaran pada website. Salah satunya yang paling penting adalah tentang bagaimana Anda mengatur sedemikian rupa fitur-fitur yang ada agar website Anda bisa diakses secara cepat oleh pengunjung. Dalam artinya, usahakan website Anda memiliki waktu ‘load’ yang cepat agar pengunjung semakin merasa nyaman dalam mengakses informasi yang ada pada website tersebut.

Melakukan Targeting Ulang

Ketika melakukan penjualan produk atau jasa secara online, Anda tentunya harus mengetahui terlebih dahulu pasar yang sedang berjalan di sekitar Anda. Natinya, fungsi Facebook Pixel untuk website bisa Anda rasakan ketika fitur ini mampu menjadi pemonitor yang memperhatikan traffic kunjungan ke dalam website Anda. Jadi, pelajarilah jenis pemasaran seperti apa yang sedang sering menjadi perharian pengunjung.

Dengan promosi yang tepat, serta penjualan produk dan jasa yang juga tepat sasaran, dijamin nantinya website Anda akan mendapatkan lebih banyak perhatian. Nah, melalui Facebook Pixel, Anda bisa memeriksa grafik sebuah peristiwa yang terjadi di dalam website Anda. Misalnya, aktivitas pengunjung, informasi seperti apa yang seringkali menjadi perhatian, laman mana yang menjadi favorit pengunjung dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa memastikan dan mengenali pengunjung yang hampir saja melakukan pembelian namun kemudian mengurungkan niatnya dan belum memasukkan produk atau jasa yang ia pilih ke sistem checkout. Bahkan, Anda juga bisa memeriksa laman tertentu yang kurang diminati pengunjung serta pengunjung yang sudah mendaftarkan newsletter dari website Anda.

Melakukan Konversi secara Lebih Detail

Perlu Anda ketahui bahwa selain sebagai pemonitor jumlah pengunjung website serta pemonitor siapa saja yang melihat artikel Anda, Facebook Pixel juga bisa Anda manfaatkan sebagai pengkonversi data yang dimiliki Anda di dalam website. Nantinya, conversion rate ini bisa Anda gunakan untuk melihat secara lebih terperinci sifat-sifat pengunjung di dalam website.

Melalui konversi yang terperinci ini, Anda bisa mengetahui ada berapa banyak jumlah pengunjung website yang telah melakukan suatu hal menguntungkan seperti memberikan komentar, ulasan, rating dan juga membeli produk atau jasa dari website Anda. Hal tersebut dikarenakan Facebook Pixel ini merupakan fitur Facebook Ads yang bisa melakukan optimasi conversion rate secara spesifik dan juga rapi.

Optimasi dari konversi Facebook Pixel ini bisa menghitung cost per lead atau juga cost per landing views dengan cara mengumpulkan informasi dari tiap interaksi pengunjung terhadap website Anda. Hal tersebt bisa dilihat dari mereka yang melakukan pendaftaran akun, berlangganan newsletter dan lain sebagainya. Nah, hasil dari konversi ini bisa Anda pahami dan pelajari untuk modal dalam merencanakan kegiatan marketing yang selanjutnya.

Menemukan Audiens yang Sejenis

Fungsi Facebook Pixel untuk website yang selanjutnya adalah Anda bisa menemukan beberapa pengunjung yang memiliki ketertarikan yang sama dengan pengunjung website Anda biasanya. Jenis informasi atau data ini bisa Anda peroleh dari aktivitas yang ada pada website seperti pembelian, pendaftaran akun, pelanggan email atau newsletter, dan lain sebagainya.

Facebook Pixel memiliki caranya tersendiri dalam menemukan pengunjung dengan behavior yang sama agar nantinya mereka juga tertarik untuk berkunjung ke website Anda dan menjadi pelanggan tetap. Semakin besar jumlah pengunjung dengan behavior yang sama, maka semakin besar pula jumlah pengunjung baru akan akan masuk ke dalam target Anda.

Itulah beberapa fungsi Facebook Pixel untuk website yang bisa Anda pelajari dan manfaatkan penggunaannya. Dengan melakukan usaha pemasaran yang tepat dan maksimal pada website, dijamin akan ada banyak pengunjung dengan behavior menguntungkan untuk Anda.